2.1. SKL Pendidikan Kewarganegaraan Berdasar Kurikulum 2004
1)  Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2)  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama.
3)  Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4)  Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
5)  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan hidup demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6)  Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah.
7)  Menunjukkan sikap kritis dan appresiatif terhadap dampak globalisasi.
8)  Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
9)  Menyampaikan hasil pengamatan peristiwa pelanggaran HAM di media TV
10) Menggali informasi tentang peristiwa pelanggaran HAM dengan memanfaatkan teknologi informasi ( internet ).

 

2.2. Kompetensi Inti ( KI ) Pendidikan Kewarganegaraan

       Berdasar Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1  Menghargai perilaku beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia  dalam  kehidupan di sekolah dan masyarakat

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam

berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1.  Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

2.2.  Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar

2.3.  Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin

2.4  Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)

 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1  Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

3.2  Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.3  Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.4  Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

3.5  Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika.

3.6  Memahami  keberagaman suku, agama, ras, budaya dan jenis kelamin

3.7  Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI