Statistik
  Visitors : 94894 visitors
  Hits : 103607 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

ulohmail@yahoo.com    arul_yes

Kurikulum 2004 :
1)    Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2)    Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
3)    Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
4)    Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5)    Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara
6)    Hapal Qur’an Surat At-Tin, Ad-Dhuha, Al-Insirah dan Al-Adiyat
7)    Memiliki kemampuan dan membiasakan membaca Q.S. Surat Yasin.
8)    Memiliki kemampuan dan membiasakan melaksanakan Shalat Dhuha Tahajud
9)    Mampu berbicara di depan umum (Dakwah/ Ceramah Islam)
10)    Meningkatkan dan membiasakan bermuhasabah.

 

Kurikulum 2013 :

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

1. Menghargai

dan menghayati

ajaran agama

yang dianutnya

1.1  Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari an menghayati pemahaman rukun iman ajaran agama

1.2  Beriman kepada Allah Swt.yang dianutnya

1.3  Beriman kepada malaikat Allah Swt.

1.4  Menerapkan ketentuan bersuci dari hadas

     kecil dan hadas besar berdasarkan syariat

     Islam

1.5  Menunaikan  ¡alat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

1.6  Menunaikan ¡alat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu‘ah/62:9

1.7  Menunaikan ¡alat jamak  qa¡ar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah

 

2. Memahami

pengetahuan

(faktual,

konseptual,

dan prosedural)

berdasarkan

rasa ingin tahun

tentang ilmu

pengetahuan,

teknologi, seni,

dan budaya yang

terkait dengan

fenomena dan

kejadian

2.1. Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqarah /2: 42 dan hadis terkait

2.2. Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari surah al-Baqarah/2:83

    dan hadis terkait

2.3. Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai im-plementasi dari surah an-Nis±/4: 8 dan hadis terkait

2.4. Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman surah an-Nis±/4:146, surah al Baqarah/2:153, dan surah ²li-Imr±n/3:134, dan hadis terkait

3. Memahami

pengetahuan

(faktual,

konseptual,

dan prosedural)

berdasarkan

rasa ingin tahun

tentang ilmu

pengetahuan,

teknologi, seni,

dan budaya yang

terkait dengan

fenomena dan

  kejadian

3.1. Memahami makna al-Asmaul Husna: al

    ‘Al³m, al-Khab³r, as-Sam³’, dan al-Ba¡³r

3.2. Memahami makna iman kepada malaikat

    berdasarkan dalil naqli

3.3. Memahami kandungan surah ar-Rahm±n/55:33 dan surah al-Muj±dalah/58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu

3.4. Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan surah an-Nis±/4:8 dan hadis yang terkait

3.5. Memahami kandungan surah an-Nis±/4:146, surah al-Baqarah/2:153, dan surah al-Imr±n/3:134 serta hadis yang terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf

3.6. Memahami makna amanah sesuai kandungan surah al-Anf±l/8:27 dan hadis terkait

3.7. Memahami istiqamah sesuai kandungan surah al-Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait

3.8. Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan ketentuan syariat Islam

3.9. Memahami ketentuan ¡alat berjamaah

3.10. Memahami ketentuan ¡alat Jumat

3.11. Memahami ketentuan ¡alat Jamak  qa¡ar

3.12. Memahami sejarah perjuangan Nabi

     Muhammad saw. periode Mekah

3.13. Memahami sejarah perjuangan Nabi

     Muhammad saw. periode Madinah

3.14. Mengetahui sikap terpuji al-Khulafaur Ar-

     R±sy³dµn

3.15. Memahami makna perilaku jujur sesuai

     dengan surah al-Baqarah/2:42 dan hadis

     terkait

3.16. Memahami makna hormat dan patuh

     kepada orang tua, dan guru sesuai

     dengan surah al-Baqarah/2:38 dan hadis

     tekait

4. Mencoba,

mengolah, dan

menyajikan

dalam ranah

konkret

(menggunakan,

mengurai,

merangkai,

memodifikasi,

dan membuat)

dan ranah

abstrak (menulis,

membaca,

menghitung,

menggambar,

dan mengarang)

sesuai dengan

yang dipelajari

di sekolah dan

sumber lain yang

sama dalam sudut

pandang/teori

4.1. Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

4.2. Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat

4.3. Membaca surah ar-Rahm±n/55:33 dan surah al-Muj±dalah/58:11, dengan tartil

4.4. Menunjukkan hafalan surah ar-Rahm±n/55:33 dan al-Muj±dalah/58:11 surah, dengan tartil

4.5. Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan surah an-Nis±/4:8 dan hadis yang terkait

4.6. Membaca surah an-Nisa/4:146, surah al-Baqarah (2): 153, dan surah ali-Imran/3: 134 dengan tartil

4.7. Menunjukkan hafalan an-Nisa/4:146, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali Imran/3:134 dengan lancar

4.8. Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan surah al-Anf±l/8:27 dan hadis yang terkait

4.9. Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan surah al-Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait

4.10. Mempraktikkan tata cara bersuci dari  hadas kecil dan hadas besar

4.11. Mempraktikkan ¡alat berjamaah

4.12. Mempraktikkan ¡alat jamak dan qa¡ar

4.13. Mempraktikkan ¡alat Jumat

4.14. Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah

4.15. Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah

4.16. Mencontohkan perilaku terpuji dari al-Khulafaur Ar-R±sy³dµn

4.17. Mencontohkan perilaku jujur sesuai dengan kandungan surah al-Baqarah/2:42 dan hadis terkait

4.18. Mencontohkan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru  sesuai dengan kandungan surah al-Baqarah/2:42 dan hadis terkait.